Jelang Wisuda, Calon Wisudawan Angkatan XVI, UNIPA Indonesia Dibekali Tips Bursa Kerja

waktu baca 3 menit

Calon wisudawan Angkatan XVI UNIPA Indonesia mengikuti Seminar pembekalan di aula Nawa Cita Kampus UNIPA,Senin (23/3). Foto : Istimewa

MAUMERE, FLORESPEDIA.id– Sebanyak 429  orang calon wisudawan Program Sarjana dan Diploma Angkatan XVI Universitas Nusa Nipa (UNIPA)  Indonesia  tahun akademik 2021/2022  mengikuti seminar pembekalan wisuda di Auditorium Nawa Cita, Kampus Unipa, Maumere Kabupaten Sikka Provinsi NTT, Senin (22/3).

Pembekalan Wisuda Angkatan XVI mengusung tema: Merdeka Belajar Bagi Generasi Abad 21: Berpikir Kritis, Berkarakter, Berkolaborasi, Komunikatif, dan Kreatif.

Seminar ini menghadirkan pembicara yakni; Wakil Rektor III Unipa, Dr. Yosefina Andia Dekrita, SE., MM dan Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Unipa, LG Dr. Hendrikus Pedro, S. Fil. M.A. Seminar dimoderatori oleh Dr. Cornelia Hildegradis, ST., MT.

Wakil Rektor lll UNIPA  Dr. Yosefina  Andia Dekrita  memaparkan tentang peran-peran alumni dan bursa kerja serta tujuan dan manfaatnya bagi para calon wisudawan

Dijelaskan, peran alumni terdiri atas tiga yaitu alumni sebagai katalisator, kontributor, dan iron stock.

“Sebagai katalisator, alumni memiliki peran membangun hubungan erat dengan masyarakat. Sebagai kontributor, alumni diharapkan mampu mengabdikan diri baik secara moril maupun materi terhadap lembaga atau almamater. Alumni juga dapat berperan menjadi regenerasi bagi almamaternya,” jelas dosen Manajemen.

Dr Andia menambahkan, Unipa secara periodik melakukan tracer study kepada alumni. Studi ini dilakukan untuk mengetahui apakah alumni sudah bekerja, dan berapa lama mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Hal ini penting dan bermanfaat bagi kampus untuk kepentingan evaluasi internal kampus dan peningkatan kualitas lembaga pendidikan tinggi.

Pakar Psikologi Industri dan Organisasi, Dr. Pedro dalam sesinya menjelaskan tentang tips dan trik menghadapi persaingan dunia kerja agar mudah dan cepat mendapatkan  pekerjaan. Terutama bagi lulusan baru (fresh graduate) yang belum memiliki pengalaman.

Dosen Psikologi ini juga mengungkap rahasia bagaimana cara meraih beasiswa studi lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kepada para calon wisudawan, ia menjelaskan  jenis dan tahapan seleksi masuk kerja yang biasa diterapkan manajemen perusahaan, baik BUMN maupun swasta dalam proses penerimaan karyawan.

 “Seleksi yang biasa diadakan perusahaan diantaranya adalah tes psikologi atau psikotes. Tes ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan potensi pelamar kerja untuk bidang pekerjaan tertentu. Ada juga tes wawancara, maka pencari kerja harus bersikap komunikatif dan memberi kesan baik,”ungkap Dr. Pedro.

Dosen Psikologi  berharap  ilmu pengetahuan yang sudah diperoleh di bangku kuliah dapat dimanfaatkan dengan baik dan bermanfaat bagi pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara.

“Selain itu, dapat sebagai bekal dalam berbakti kepada orang tua yang selama ini telah mendidik dan membesarkan Saudara,” harapnya.

Kontributor  : Athy Meaq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *