Pegawai dan Warga Binaan di Lapas Lembata Terima Vaksin Tahap Dua dan Tiga

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Salah satu WBP Lapas Lembata menerima vaksin COVID-19 kemarin. (T. Aloysius Bestol)

LEMBATA – Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Lembata bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata kembali melaksanakan pemberian vaksin bagi Pegawai dan WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan), Selasa, (15/2).

Sebanyak 28 dari 44 pegawai menerima Vaksin tahap III jenis Astra Zeneca. Sedangkan ada 16 pegawai masih menunggu jadwal vaksinasi pada bulan April mendatang.

Ada 14 orang dari 88 WBP menerima vaksin tahap II jenis Sinovac, 1 orang menerima vaksin tahap I jenis Sinovac dan 65 WBP juga masih menunggu jadwal vaksinasi tahap II pada 18 April mendatang. Sedangkan 8 WBP telah menerima vaksin tahap I dan II sebelum masuk Lapas.

Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata menugaskan 10 orang tenaga kesehatan yang diketuai oleh Maria Valentina Bahi selaku ketua tim pelaksanaan Vaksinasi.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi, ketua tim vaksin memberikan arahan kepada seluruh Pegawai dan WBP yang menerima terkait pentingnya vaksinasi tahap II dan III bagi tubuh agar membentuk antibodi atau imunigenitas tubuh terhadap virus corona secara optimal.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Lembata Andreas Wisnu Saputro mengatakan tujuan vaksinasi tahap II dan III ini untuk memicu respons kekebalan awal dan menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya bagi Petugas dan WBP di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Lembata.

“Vaksinasi tahap II dan III,” katanya.

Pelaksanaan vaksin ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan percepatan pemberian vaksin oleh Menteri Hukum dan HAM dan Direktor Jenderal Pemasyarakatan.

Harapannya, para pegawai maupun seluruh WBP dan Tahanan dapat terhindar dari wabah virus COVID-19, khususnya varian Omicron yang saat ini sedang meningkat penyebarannya.

Kalapas juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata atas pemberian vaksin kepada seluruh Pegawai, WBP dan Tahanan Lapas Kelas III Lembata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *