Caketum HIPMI NTT Ikhsan Darwis Bantu Mulsa dan Bibit Holtikultura Petani di Desa Tilang, Sikka

waktu baca 3 menit
Keterangan foto: Caketum BPD HIPMI NTT, Muhammad Ikhsan Darwis saat menyerahkan bantuan mulsa dan bibit tanaman bagi petani di Desa Tilang, Minggu (13/2).

MAUMERE – Calon Ketua Umum (Caketum) BPD HIPMI Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Muhammad Iksan Darwis pada Minggu (13/2) siang, mengunjungi para petani di kebun holtikultura yang tergabung dalam kelompok binaan Tilang One Finance (TOF) di Desa Tilang, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka.

Dalam kunjungan ini, Muhammad Iksan Darwis didampingi oleh mantan Ketua BPC HIPMI Ngada, Ey Pullu, jajaran pengurus BPC HIPMI Sikka antara lain, Pembina HIPMI Sikka, Isye Fernandez, Wakil Ketua Umum HIMPI Sikka, Teddy Lie, Ketua OKK, Ifan Parera, Anggota Higinius Wilbrot Krado, dan beberapa calon anggota HIPMI Sikka.

 Setibanya di kebun holtikultura, Muhammad Iksan Darwis dan rombongan disambut Koordinator TOF Group Rofinus M.Luer. Pantauan media ini, pada kesempatan itu, Rofinus M.Luer menggambarkan kepada Caketum HIMPI NTT terkait kondisi usaha holtikultura yang dikembangkan dirinya bersama beberapa kelompok tani ini.

Menurut Rofinus M.Luer, usaha holtikultura ini dikembangkan dirinya bersama kurang lebih 80 orang petani, dimana dalam penanaman mereka selalu mengatur jenis tanaman holtikultura yang ditanam anggota kelompok, sehingga dari sisi ketersediaan hasil panen bisa diatur dan bisa memenuhi pasokan permintaan pasar secara rutin.

Keterangan foto: Caketum BPD HIPMI NTT, Muhammad Ikhsan Darwis bersama psngurus BPC HIPMI Sikka saat penanaman simbolis di kebun holtikultura TOF Group di Desa Tilang, Minggu (13/2).

 Kendati demikian, Rofinus M.Luer juga meminta adanya dukungan dari HIPMI NTT terkait membuka akses pasar dan juga mesin pengolahan misalnya untuk mesin sederhana pengolahan tomat skala rumah tangga. Dengan begitu, hasil panen tomat yang melimpah dapat diolah menjadi saus tomat.

Usai dialog singkat, dilanjutkan dengan kegiatan penanaman secara simbolis tanaman tomat di lahan holtikultura binaan TOF Group. Usai melakukan penanaman, Muhammad Iksan Darwis kemudian menyerahkan bantuan berupa mulsa dan bibit tanaman holtikultura untuk persiapan jelang musim tanam.

Usai melakukan penanaman simbolis dan penyerahan bantuan kepada petani, rombongan HIPMI juga melakukan panen tomat di kebun milik Anggota HIPMI Sikka, Rofinus M.Luer.

Muhammad Iksan Darwis mengatakan, dirinya mengapresiasi usaha holtikultura yang dikembangkan oleh Anggota HIPMI Sikka dimana usaha holtikultura ini telah memberdayakan puluhan petani di Desa Tilang.

Keterangan foto: Caketum BPD HIPMI NTT, Muhammad Ikhsan Darwis bersama psngurus BPC HIPMI Sikka saat panen simbolis di kebun holtikultura TOF Group di Desa Tilang, Minggu (13/2).

Menurutnya, hal konkrit seperti yang dilakukan Anggota HIPMI Sikka ini perlu terus ditingkatkan ke depan sehingga makin banyak petani yang terkendala akses modal maupun akses pasar bisa terbantu.

Terkait dukungan akses pasar dan mesin untuk pengolahan tomat skala rumah tangga, Ikhsan Darwis mengatakan,

“Kita perlu membuat akses pasar dimana mempertemukan dengan buyer, dimana misalnya ada Anggota HIPMI yang membutuhkan tomat dalam jumlah besar bisa mengambil darisini. Ke depannya, membuka akses pasar akan menjadi perhatian dirinya selaku Ketua Umum BPD HIPMI NTT. Paling tidak, HIPMI sudah punya suplai tetap darisini. Sehingga kalau ada yang mau buat saus tomat, maka suplaynya mudah,” ungkap Ikhsan Darwis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *