50 Mahasiswa dan 10 Dosen Teknik Unipa Indonesia Mengajar Komputer untuk Anak SDI Waioti

waktu baca 3 menit

Foto : Salah satu mahasiswa Teknik UNIPA Indonesia sedang mendampingi salah satu pelajar kelas VI SD Inpres Waioti saat mengoperasikan komputer. Foto : Albert Aquinaldo

MAUMERE, FLORESPEDIA,id – Sebanyak 50 mahasiswa dan 10 dosen Fakultas Teknik Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Indonesia melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan terjun langsung ke sekolah-sekolah dan mengenalkan teknologi komputer untuk para pelajar di Kabupaten Sikka.

Salah satu sekolah yang menjadi sasaran adalah SD Inpres Waioti di Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka.

Seperti yang disaksikan media ini, Sabtu (5/2), sebanyak 49 pelajar kelas VI SD Inpres Waioti begitu antusius mengikuti berbagai penjelasan sekaligus praktik menggunakan komputer dan mempraktikkan beberapa aplikasi-aplikasi dasar.  

Setiap pelajar, didampingi oleh mahasiswa Teknik UNIPA Indonesia saat mengoperasikan komputer.

Koordinator kegiatan, Dr. Cornelia Hildegardis, ST., MT, Dosen Teknik Arsitektur Fakultas Teknik UNIPA Indonesia, kepada media ini menjelaskan bahwa, kegiatan hari ini merupakan kegiatan pelatihan sekaligus mengenalkan perangkat komputer kepada puluhan pelajar SD Inpres Waioti.

“Semakin kesini teknologi itu harusnya semakin dikenal, karena ada istilah generasi 4.0 jadi saya itu perlu diperkenalkan sejak dini ke adik-adik di SD ini,” jelas Doktor muda ini.

Dr. Cornelia Hildegardis, ST., MT mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2021. Dan pada tahun 2022 ini, kegiatan itu akan terus digencarkan dengan sasaran para pelajar SD di Kabupaten Sikka.

Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini, tutur Dr. Cornelia Hildegardis, ST., MT, yakni setelah para pelajar SD ini melanjutkan jenjang pendidikan, mereka sudah mengenal perangkat komputer.

Sementara itu, Kepala SD Inpres Waioti, Elisabeth Nona Keraf, S.Pd.SD, kepada media ini menjelaskan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik UNIPA Indonesia dengan sasaran pelajar kelas VI SD Inpres Waioti adalah pengenalan dasar-dasar komputer.

“Kegiatan ini kami lakukan karena mengingat selama ini karena pelajaran komputer berupa kegiatan ekstra atau Mulok Komputer itu kami belum sama sekali, mengingat, kelas VI ini sebentar lagi mereka ke SMP dimana kalau sudah sekolah lanjutan itu, jelas ada mata pelajaran TIK, sehinggga dengan pelatihan dasar-dasar komputer ini, anak kami sedikit mendapatkan bekal ketika mereka lanjutkan ke SMP nanti,” jelasnya.

Harapan yang ingin dicapai pihak sekolah sendiri, ujar Elisabeth Nona Keraf, S.Pd.SD, ketika melanjutkan jenjang pendidikan, para pelajar SD Inpres Waioti sudah mengenal dan mampu bersaing dengan pelajar dari sekolah lain terutama soal dasar-dasar komputer.

“Harapan kami mereka ini bisa punya bekal untuk melanjutkan ke SMP atau ke jenjang yang lebih tinggi dan untuk masa depan, apalagi di mana semua ini sekarang serba digital,” tutupnya.

Kontributor : Albert Aquinaldo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *