Imigrasi Maumere Laksanakan Uji Coba Pengenalan Aplikasi M-Paspor

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Petugas pelayanan Kantor Imigrasi Maumere sedang memperkenalkan aplikaai M-Paspor, Rabu (2/2). Foto: istimewa.

MAUMERE-Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere dibawah Kanwil Kemenkumham NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone, melaksanakan uji coba pengenalan aplikasi M- Paspor di ruang pelayanan Kantor Imigrasi Maumere, Rabu (2/2/2022).

Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 Wita – selesai, dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, baik petugas pelayanan maupun pemohon yang datang.

Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) Kementerian Hukum dan HAM meluncurkan inovasi terbaru aplikasi M-Paspor. Sebelumnya Ditjen Imigrasi menyediakan fasilitas paspor keliling, fasilitas eazy paspor, ataupun dengan jemput bola untuk kepengurusan kolektif di lembaga, instansi, maupun komunitas masyarakat.

Dengan menggunakan M-Paspor, masyarakat dapat mengajukan permohonan paspor dengan mengunggah scan berkas ke aplikasi. Dengan begitu, pemohon paspor tidak perlu menunggu lama untuk petugas mengunggah dan memasukkan data permohonan.

Kepala Kantor Imigrasi Maumere, Eko Julianto Rachmad mengatakan, dengan adanya uji coba pengenalan aplikasi M-Paspor di Imigrasi Maumere masyarakat bisa mengenal alternatif inovasi baru yang cepat dan dapat menghemat waktu dalam pembuatan paspor serta mengurangi kerumunan di era pandemi COVID-19.

“Saya mendukung penuh inovasi terbaru dari Ditjen Imigrasi” ucap Eko.

”Pemohon dapat mengunduh aplikasi M-Paspor dengan fitur-fitur yang ada antara lain pembayaran PNBP di awal, reschedule jadwal kedatangan, cek status permohonan paspor, validasi NIK Dukcapil, dan integrasi dokumen perjalanan RI pada Playstore dan meng-install di masing-masing ponsel.
Setelah itu pemohon dapat mengunggah berkas persyaratan dan memilih kantor imigrasi serta jadwal kedatangan yang
diinginkan,” tambah Eko.

Pada pelaksanaan pengenalan M-Paspor pemohon dipandu langsung oleh petugas Kantor Imigrasi Maumere sampai pada tahap pembayaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *