Berantas Buta Aksara, Lapas Lembata Gelar Kegiatan Baca Tulis untuk Napi

waktu baca 2 menit

LEMBATA, FLORESPEDIA.id – Lapas Kelas III Lembata menggelar kegiatan membaca dan menulis bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

Kegiatan yang digagas Dharma Wanita Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan baca tulis para napi. 

Pelaksanaan pembelajaran ini merupakan yang pertama kali dilakukan. Kegiatan ini dimulai dengan pengenalan huruf, membaca dan menulis. 

Dari total 95 WBP dan Tahanan di Lapas Lembata, 13 orang masih kurang cakap dalam menulis dan membaca, bahkan ada WBP yang sama sekali belum bisa untuk dua hal itu.

Menurut Kalapas Andreas Wisnu Saputro hal itu disebabkan karena sebagian besar WBP ini minim pendidikan, putus sekolah, bahkan ada yang sama sekali tidak pernah mengenyam pendidikan.

“Sehingga merekalah yang menjadi target dalam kegiatan pembelajaran ini,” ungkapnya, Kamis (27/1) sore.

Kegiatan ini pun mendapat dukungan dari Kalapas sebab baru pertama kali Dharma Wanita Lapas Lembata mempunyai kepedulian untuk mengentaskan buta aksara para napi.

Sementara itu kegiatan seperti ini akan terus dilakukan secara rutin dengan menyesuaikan program dari Lapas Lembata sendiri.

“Kegiatan seperti ini akan berjalan rutin sebanyak 2 kali dalam sebulan pada minggu ke-4,” ujar Wakil Ketua Dharma Wanita Lapas Lembata, Yulianti Loe.

Dia berharap, para WBP yang mengikuti kegiatan belajar ini ketika bebas masa tahanan dan kembali ke tengah masyarakat membawa hal positif selama menjalani pembinaan di Lapas.

“Salah satunya mereka bisa mengenal huruf, membaca dan menulis dengan baik,” sebutnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *