GM KSP Kopdit Obor Mas Lantik Manajer Area dan 3 Manajer Cabang

waktu baca 4 menit
GM KSP Kopdit Obor Mas L. Frediyanto M. Lering, S.Ak

MAUMERE-KSP Kopdit Obor Mas sejak tanggal 17 s/d 22 Januari 2002 menggelar kegiatan Evaluasi Kinerja dan Perencanaan Kerja yang berlangsung di aula Heinrich Puskopdit Swadaya Utama Maumere.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 1 minggu tersebut, selain mengevaluasi kinerja kerja selama tahun buku 2021 tetapi juga merancang rencana strategis pada tahun buku 2022.

Dalam rencana strategis tahun buku 2022, salah satu agenda yang dalam waktu dekat ini dilaksanakan adalah meresmikan 2 buah kantor cabang utama di pulau Timor yakni Kantor Cabang Utama Belu di Atambua dan Kantor Cabang Utama Timor Tengah Selatan di Soe.

Demi mewujudkan agenda tersebut, maka pada Sabtu (22/1), GM KSP Kopdit Obor Mas L. Frediyanto M. Lering, S.Ak melantik pejabat struktural dalam lingkup KSP Kopdit Obor Mas.

Mereka yang dilantik yakni:

  1. Martonsius Juang sebagai Manager Area Kabupaten Sikka, Daratan Timor, Pengembangan Wilayah dan Humas yang sebelumnya adalah Manager Area Kabupaten Sikka.
  2. Herman Yosef Haryanto, S.Pi sebagai Manager Kantor Cabang Utama Belu yang sebelumnya adalah Staff Loan Officer Kantor Cabang Agrobisnis.
  3. Yakobus Anisetus Gori, S.Pd sebagai Manager Kantor Cabang Utama Timor Tengah Selatan yang sebelumnya adalah Manajer Kantor Cabang Paga.
  4. Vitalis Rasi, A.Ma sebagai Manager Cabang Paga yang sebelumnya adalah staff Loan Officer Kantor Cabang Paga.

Acara  pelantik pejabat struktural tersebut bertempat di Aula Heinrich Puskopdit Swadaya Utama Maumere bersamaan dengan penutupan kegiatan evaluasi kinerja dan perencanaan kerja (evaperca).

Acara tersebut dihadiri oleh Pengurus, Pengawas, GM, Deputi PI & Kepatuhan, Staf Khusus GM, Para Manajer Cabang, Manajer Puskopdit Swadaya Utama Maumere dan seluruh peserta evaperca yang merupakan utusan dari 20 kantor cabang. Sedangkan pendamping rohani saat itu adalah RP. Leo Djawa, O.Carm.

Pada kesempatan tersebut Vitalis Rasi yang mewakili pejabat yang dilantik menyampaikan sambutannya dengan mengharapkan dukungan dari segenap elemen dalam tubuh KSP Kopdit Obor Mas agar selalu memberi dukungan dalam menjalankan tugas pelayanan ke depannya.

” Pada kesempatan ini, saya mewakili teman-teman menyampaikan terima kasih banyak atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Tugas dan pelayanan kami ke depan akan berjalan baik jika selalu mendapat dukungan dari semua pihak yang ada di koperasi ini,” ungkap Vitalis.

Sementara itu GM KSP Kopdit Obor Mas, L. Frediyanto M. Lering, S.Ak dalam sambutannya memberi pesan kepada para pejabat yang baru dilantik agar benar-benar menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan selalu menjadi pelayan yang baik bagi para anggota yang adalah pemilik lembaga ini.

” Ketika kalian sudah dilantik dan telah menjalankan tugas kalian, ingat bahwa kalian adalah pelayan. Jangan anggota mau bertemu kalian susah sekali. Harusnya kalian yang pergi bertemu anggota tersebut,” tegas Yanto.

Yanto juga pada kesempatan tersebut membagikan sebuah filosofi kepemimpinan menurut Prof. Idrus Shahab Pakar Manajemen Universitas Indonesia jurusan Psikologi Anatomi yakni belajarlah kepemimpinan dari filosofi alat vital lelaki. Mendengar kalimat tersebut semua hadirin sambut dengan tertawa.

” Ini benar apa yang saya sampaikan, kalian boleh tertawa tapi saya baca dalam sebuah jurnal dan menemukan hal ini yaitu belajar kepemimpinan dari filosofi alat vital lelaki. Kedengarannya agak vulgar tetapi sesungguhnya adalah filosofinya yang perlu kita belajar ” terang Yanto.

Lanjut Yanto bahwa menurut Prof. Idrus Shahab, belajar kepemimpinan dari filosofi alat vital lelaki yakni :

  1. Tidak pernah menonjolkan diri tetapi tampil paling depan saat dibutuhkan (tidak mencari selamat sendiri dengan mengorbankan staf atau bawahan).
  2. Ada saatnya keras, ada saatnya lembut (menahan diri, tahu situasi).
  3. Dapat melahirkan generasi baru.
  4. Bisa “menyerang” pihak lawan dengan tetap memberi kenyamanan.
  5. Walau terjadi gesekan antara kedua belah pihak, namun pada akhirnya semua bahagia.
  6. Setelah sukses mencapai target, posisi dan kedudukan, tidak berbesar kepala atau sombong namun selalu mengecilkan diri atau rendah hati.

Yanto juga pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa tahun 2022 ini, KSP Kopdit Obor Mas memasuki usia emas pada 4 November 2022.

Sebagai hadiah ulang tahun ke 50 atau pesta emas tersebut maka KSP Kopdit Obor Mas akan segera membuka kantor di seluruh wilayah provinsi NTT.

“Adapun agenda kita tahun ini dalam memasuki usia emas, maka kita akan membuka kantor cabang di seluruh pelosok provinsi NTT sebagai hadiah ulang tahun. Dalam waktu dekat ini kita resmikan 2 buah kantor cabang di pulau Timor. Dimana malam ini, kita telah mengikuti pelantikan managernya yakni kantor cabang utama Belu di Atambua dan kantor cabang Timor Tengah Selatan di Soe,” ungkap Yanto.

Lanjutnya, selain menambah kantor cabang di pulau Flores dan Lembata, kita juga punya agenda bahwa dalam tahun ini juga kita akan menambah 7 kantor cabang baru di luar Flores yakni di Sumba Timur, Sumba Barat Daya, Alor, Rote, Sabu, Kabupaten Kupang dan Kabupaten Malaka.

Sementara itu, Ketua KSP Kopdit Obor Mas, Andreas M. Mbete, S.Pd dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapan agar para manajer baru yang dilantik selalu tetap belajar demi pengembangan diri agar mencapai sebuah kesuksesan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya dengan jabatan baru yang diemban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *