Safari Politik di Paga dan Lenandareta, Romanus Woga Ajak Masyarakat Tanamkan Semangat Restorasi

waktu baca 5 menit
Keterangan foto: Ketua Partai NasDem Sikka Romanus Woga saat menyerahkan secara simbolis paket makanan tambahan bagi ibu hamil di Desa Lenandareta.

MAUMERE-Ketua Partai NasDem Sikka Romanus Woga mengajak masyarakat di Desa Lenandareta dan Desa Paga untuk menanamkan semangat restorasi di dalam diri mereka.

Menurut Romanus Woga, Restorasi merupakan semangat pembaharuan, yang menjadi tagline resmi Partai NasDem.

Ajakan Romanus Woga disampaikan secara terbuka saat melakukan kunjungan kerja di Desa Lenandareta dan Desa Paga di Kecamatan Paga, Rabu (12/1) lalu.

Di halaman Kantor Desa Lenandareta, Romanus Woga menegaskan semangat restorasi, harus merelung pada hati dan sanubari masyarakat.

Dia memahami sungguh bahwa masyarakat ingin sekali mengubah tatanan kehidupan sosial ekonomi dan budaya, agar bisa lebih baik dari hari ke hari.

“Kita harus melakukannya dengan semangat restorasi. Kita menginginkan perubahan-perubahan fundamental, perubahan yang hakiki, oleh karenanya tanamkan semangat restorasi dalam diri kita,” ajak dia.

Bagaimana caranya menanamkan semangat restorasi, Romanus Woga menyebut Partai NasDem adalah jawabannya.

Dia lalu mengajak masyarakat untuk memenangkan NasDem pada hajatan politik seperti Pemilu, Pilpres dan Pilkada.

“Kami hadir di sini karena semangat restorasi,” ujar dia di depan perangkat desa, pimpinan dan anggota BPD, pelaku pendidikan, kader Posyandu, tenaga kesehatan, kaum muda, serta tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Di Desa Paga, Romanus Woga kembali melambungkan semangat restorasi.

Menurut Romanus Woga, Partai NasDem, menginginkan perubahan yang progresif.

“Jika hari ini, instrumennya adalah upaya peningkatan gizi anak dan ibu, maka ke depan kegiatan seperti pertanian pangan lestari, pengembangan hortikultura dan tanaman pangan akan diperjuangkan untuk dapat terlaksana di Desa Paga pada tahun 2022,” ungkapnya.

Dia memastikan akan berkoordinasi dengan Julie Laiskodat, anggota Fraksi Partai NasDem yang sangat konsen dan mendukung penuh sektor pertanian di Kabupaten Sikka.

Sementara itu Kepala Desa Lenandareta
Yohanes Brekhmans Emanuel menyampaikan kepada Romanus Woga berbagai persoalan yang terjadi di desa itu.

“Desa kami ini banyak sekali persoalan. Harus disentuh pemerintah secara berjenjang, termasuk juga dari aspek politik,” ungkapnya.

Penyakit malaria dan demam berdarah dengue (DBD), kata dia, masih menjadi momok menakutkan sejak 3 tahun terakhir.

Dia juga menyinggung minimnya sarana prasarana pendidikan pada 3 sekolah dasar di desa itu.

Keterangan foto:Dialog bersama pengurus Partai NasDem Sikka bersama warga Desa Lenandareta.

Menurut dia, harus segera dibangun tambahan ruang kelas, perpustakaan sekolah dan pagar pengaman lingkungan sekolah.

Tidak hanya itu, Kades Lenandareta menyentil permasalahan air minum bersih. Dari waktu ke waktu, debit air pada sumber mata air, semakin berkurang. Akibatnya pemenuhan kebutuhan air minum belum dirasakan masyarakat desa secara menyeluruh.

“Rehabilitasi mata air dan kebun bibit rakyat harus menjadi prioritas intervensi,” seru dia.

Kepala Desa Lenandareta juga mengeluhkan infrastruktur jalan yang sangat tidak mendukung, serta kendala pengembangan usaha tani dan ternak.

“Kami yakin, Partai NasDem lewat kader-kadernya dapat memperjuangkan hal ini,” ungkap Kades Lenandareta.

Bernadus Ragi salah satu tokoh masyarakat Desa Lenandareta memberi apresiasi kepada Romanus Woga dan Partai NasDem yang bisa menembus Kampung Nuabari.

Dia menyebut Lenandareta sebagai jantungnya Partai NasDem, meski infrastruktur jalan di wilayah itu sangat tidak mendukung kelancaran mobilitas.

Sementara itu Kepala Desa Paga Sabinus Sura memberi apresiasi atas kunjungan politik dan kerja nyata Partai NasDem Sikka.

Keterangan foto: Aleks Suki selaku Wakil Sekretaris Partai NasDem Sikka menyerahkan paket makanan tambahan kepada ibu hamil di Desa Paga.

Menurut Kades Sabinus Sura, Desa Paga, merupakan salah satu desa yang memberi kontribusi bagi ketersediaan pangan di daerah ini.

Karena itu, dia berharap, Partai Nasdem dapat memperjuangkan alat dan mesin pertanian bagi kelompok tani di desa itu.

“Kami juga berharap dukungan atas perluasan areal tanam melalui percetakan sawah baru, pembangunan saluran irigasi, serta bantuan benih padi jagung dan pupuk,” ungkap Sabinus Sura.

Bantuan Makanan Tambahan
Momentum safari Partai NasDem disatukan dengan penyerahan bantuan makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita usia 6-59 bulan. Penerima bantuan mengapresiasi bantuan yang diberikan.

Paket makanan tambahan ini diperjuangkan Julie Sutrisno Laiskodat, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai NasDem.

Menurut Rinto Baptista selaku staf ahli Julie Laiskodat, terdapat 1.000 dos paket makanan tambahan yang telah dibagikan ke sejumlah posyandu desa/kelurahan di Kabupaten Sikka.

Maria Goreti Sare, kader Posyandu Desa Lenandaretra menyebut bantuan makanan tambahan sangat bermanfaat untuk meningkatkan gizi bayi, balita dan ibu hamil.

Kader Posyandu, kata dia, akan melakukan kunjungan rumah, sekaligus memotivasi setiap rumah tangga untuk terus menjalankan pola hidup sehat.

“Terima kasih Bunda Julie yang sangat peduli terhadap kesehatan anak dan ibu. Terima kasih juga kepada jajaran pengurus dan kader Partai NasDem,” ungkap Maria Goreti Sare.

Keterangan foto:Penyerahan paket makanan tambahan bagi ibu hamil di Kelurahan Wairotang.

Karlina Dade, salah satu penerima paket bantuan tambahan makanan di Desa Paga, mengapresiasi dan bangga dengan kepedulian Partai NasDem, terkhusus Julie Laiskodat.

“Sangat bermanfaat bagi kami,” ujar dja spontan.

Aleks Suki selaku Wakil Sekretaris Partai NasDem Sikka memastikan sebagai kader NasDem dari Kecamatan Paga dan Tanawawo, dirinya akan terus membangun komunikasi dan komitmen dengan kader Partai NasDem pada setiap jenjang agar dapat memperjuangkan berbagai kebutuhan masyarakat di Desa Paga secara khusus dan sejumlah desa di Kecamatan Paga dan Tanawawo secara umum.

“Khusus untuk bidang pertanian, peternakan dan usaha mikro kecil menengah,” ujar dia.

Pada hari yang sama, safari politik Partai NasDem berlangsung di Sekrerariat Partai NasDem.

Bendahara Partai NasDem Wiwien Meda, menyerahkan paket bantuan makanan tambahan.

Bidan Gizi Puskesmas Beru, para ibu penerima manfaat, serta segenap tokoh masyarakat hadir saat itu. Mereka menyambut baik perjuangan Julie Laiskodat.

Para bidan berpesan sebaiknya bantuan makanan tambahan diberikan setiap bulan agar gizi, bayi, balita dan bumil semakin baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *