Waspada !!! Prakiraan Cuaca di NTT 48-72 Jam Kedepan Berpotensi Jadi Siklon Tropis

waktu baca 2 menit

MAUMERE, FLORESPEDIA.id – Potensi cuaca ekstrim di wilayah NTT diperkirakan terjadi pada tanggal 22-26 Desember 2021.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, dinamika atmosfer dan laut, menunjukkan adanya pola sirkulasi siklonik (pusaran angin) yang terbentuk di Laut Timor-Arafura. Kondisi ini diindikasikan sebagai suspect area bibit siklon tropis.

Demikian penjelasan Kepala Stasiun Metereologi Kupang Agung Sudiono Abadi, Rabu (22/12), dalam siaran pers Nomor HM.05/019/KKOE/XII/2021.

Suspect area ini, jelas Agung, mempunyai kecenderungan bergerak melambat ke arah barat daya menuju selatan NTT atau di wilayah perairan utara Australia, dan memberi dampak pada pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah NTT.

“Berdasarkan pemodelan prediksi cuaca, dalam periode 48-72 jam ke depan terutama pada hari Sabtu-Minggu, potensi untuk menjadi siklon tropis cukup tinggi,” ujar Agung Sudiono Abadi.

Terhadap kondisi ini, masyarakat diimbau agar tidak panik, namun tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrim dan dampak bencana hidrometereologi yang dapat terjadi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, dan sambaran petir.

Masyarakat juga diminta untuk selalu memantau perkembangan informasi dan peringatan dini cuaca ekstrim BMKG melalui Stasiun Metereologi El Tari Kupang dengan layanan informasi cuaca 24 jam 7 hari di (0382) 881613, WA 081139404262 atau dapat langsung mengakses aplikasi iOS dan android Info BMKG.

Warga masyarakat di NTT diminta agar waspada. Potensi hujan intensitas rendah sampai sangat lebat disertai petir dan angin kencang bakal terjadi beberapa hari ke depan.

Kontributor : Albert Aquinaldo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *