Kabar Gembira, Besok Kapal Pelni Kembali Sandar di Pelabuhan Lembata

waktu baca 2 menit

LEMBATA, florespedia.id – Kabar gembira, akhirnya kapal milik PT Pelni, KM Sirimau kembali sandar di Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata pada Rabu 7 Desember 2021 besok setelah vakum menyinggahi Lembata sejak 2020 lalu.  

Kepala kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Lewoleba, Abdul Syukur Aklis mengatakan, penyebab kapal Pelni tidak masuk di Lembata lantaran kolam labuh disinyalir masih terdapat tumpukan semen akibat tenggelamnya KM Shimpo dua tahun lalu.

“Kapal bermuatan ratusan ton Semen yang tenggelam saat itu,” ungkap Aklis, Senin (5/12). 

Pasca tenggelam pihak Syahbandar Lewoleba berupaya untuk membersihkan tumpukan Semen di kolam labuh melalui survey Dirjen Navigasi di Kupang. 

Kata Aklis, Dirjen Navigasi di Kupang melakukan survey kolam labuh sejak tanggal 9-14 November 2021 atau selama 5 hari

Dari hasil survei tersebut, lanjut Aklis, ada penandatanganan berita acara yang isinya menjelaskan bahwa kapal Pelni layak sandar di pelabuhan Laut Lewoleba.

Bukan hanya itu, dari hasil survey kolam labuh pihak Syahbandar, UPP Lewoleba mengeluarkan rekomendasi lagi untuk diteruskan ke Dirjen Perhubungan laut. 

Melalui Dirjen Perhubungan Laut, tambah Aklis, akan dikeluarkan rekomendasi ke PT Pelni untuk kembali mengoperasikan armada lautnya.

“Dasar rekomendasi dan direspon Dirlala dan Pelni pusat maka emplooinya dikeluarkan, yang mana jadwalnya untuk KM Sirimau direncanakan tanggal 7 menyinggahi pelabuhan laut Lewoleba,” ujar Aklis.

Sementara itu untuk KM Umsini dijadwalkan akan tiba di Lembata pada 9 Desember 2021, dan untuk KM Bukit Siguntang sendiri masih menunggu jadwal resmi dari PT Pelni.

Aklis berharap, dengan kembali beroperasinya kapal milik PT Pelni, aktivitas transportasi laut antar pulau dan kabupaten bahkan propinsi kembali efektif.

Selain itu, paparnya, operasi bongkar muat barang dan bisnis atau sektor jasa bisa kembali bergeliat.

“Pertumbuhan ekonomi pasti kembali berjalan,” tandas Aklis. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *