Cegah Abrasi di Pesisir Pantai Paga, Sikka, KOMBAS dan DLH Sikka, Tanam 350 Pohon

waktu baca 2 menit

Foto : Anggota KOMBAS Maumere bersama Kadis DLH Kabupaten Sikka saat melakukan kegiatan penanaman pohon di pesisir pantai Paga, Minggu (28/11). Foto : Istimewa

MAUMERE, florespedia.id – Komunitas Bonsai Alam Sekitar (KOMBAS) Maumere bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sikka, melakukan kegiatan penanaman 350 pohon di pesisir pantai Paga, Desa Paga, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Minggu (28/11).

Kegiatan penanaman 350 pohon di pesisir pantai Paga itu bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi yang kerap terjadi di wilayah pesisir Kecamatan Paga.

Selain itu, kegiatan itu juga bertujuan untuk memotivasi orang muda agar selalu mencintai lingkungan sekitar dengan memanfaatkan waktu luang.

350 pohon yang ditanam KOMBAS Maumere dan DLH Kabupaten Sikka antara lain dari jenis Waru, Bakau, Pandan Laut, dan Wahong Laut yang semuanya disiapkan oleh anggota KOMBAS Maumere.

Emanuel Laba, Ketua Komunitas Bonsai Alam Sekitar (KOMBAS) Maumere mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk motivasi terhadap orang muda untuk mencintai lingkungannya.

“Kami akan terus peduli terhadap lingkungan sekitar terkhusus daerah-daerah yang rawan bencana, dan sebagai bentuk presure/motivasi bagi orang muda untuk lebih mencintai alam sekitar dengan kegiatan-kegiatan positif,” kata Eman kepada media ini, Minggu (28/11).

Eman juga berharap agar isu lingkungan ini menjadi perhatian semua pihak.

Dia juga berharap adanya aturan dari pemerintah setempat berupa Peraturan Desa (Perdes) dan pemerintah juga mendukung berupa mengalokasikan anggaran pada komunitas-komunitas yang peduli dan cinta terhadap lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sikka, Silvester Saka yang ikut dalam kegiatan penanaman 350 pohon di pesisir pantai Paga, mengatakan Pemerintah Kabupaten Sikka mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KOMBAS Maumere.

“Perlu pemerintah setempat memberikan apresiasi dan harus melihat orang-orang yang peduli lingkungan seperti komunitas KOMBAS yang telah melakukan aksi nyata menyelamatkan lingkungan dan komunitas sekitar,” tandas Sil Saka.

Sil Saka juga menambahkan bahwa dirinya akan menyampaikan ke Bupati Sikka terkait upaya KOMBAS Maumere yang telah melaksanakan kegiatan penanaman pohon itu dengan swadaya murni dari anggota komunitas.

“Saya akan perjuangkan komunitas ini ke Pak Bupati dalam hal kepedulian orang-orang di komunitas terhadap lingkungan,” ujar Sil Saka.

Kontributor : Albert Aquinaldo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *