Partai Demokrat Laksanakan Vaksinasi untuk Ratusan Pelajar SMP-SMA di Manggarai

waktu baca 4 menit

Foto : Pelaksanaan Vaksinasi di SMP-SMA Santo Klaus Kuwu. Foto : Engkos Pahing

RUTENG, florespedia.id – Ratusan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Santo Klaus Kuwu Ruteng, Manggarai, mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis pertama yang difasilitasi oleh Partai Demokrat.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut diselenggarakan serempak di dua tempat yakni, SMP-SMA Santo Klaus Kuwu dan di Puskesmas Timung, Desa Golo Mendo pada, Senin (22/11).

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Benny K. Harman, di sela kegiatan vaksinasi COVID-19 pelajar di SMP dan SMA Santo Klaus Kuwu, Ruteng, mengatakan bahwa vaksinasi COVID-19 ini merupakan tindak kepedulian partai terhadap masalah yang sedang dihadapi oleh Bangsa dan Negara ini yaitu masalah pandemi COVID-19

“Ini adalah masalah dunia, tidak hanya Indonesia yang mengalami masalah ini, yang meninggal dunia sudah jutaan orang karena masalah COVID-19 ini. Pemerintah tidak bisa sendiri menangani masalah ini, semua kekuatan sosial, kekuatan politik, organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, turut mengambil bagian dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini,” terangnya.

Sebagai partai politik lanjutnya, dalam rangka bulan bakti dua puluh tahun usia Partai Demokrat ikut ambil bagian dalam rangka menekan beban yang dipanggul oleh pemerintah dan juga yang dihadapi oleh masyarakat dalam bentuk memfasilitasi vaksinasi COVID-19 untuk seluruh masyarakat di Indonesia yang belum divaksin

“Bukan hanya di Manggarai, tetapi juga di seluruh kabupaten-kabupaten lain juga provinsi-provinsi lain Partai Demokrat melakukan hal yang sama, membantu masyarakat, membantu pemerintah dan membantu negara kita. Prinsipnya harus kita mencapai titik komunitas, imunitas yang berbasiskan komunitas mencapai 70% (tujuh puluh), sampai 80% (delapan puluh persen) sudah mendapatkan vaksin, sesuai target nasional. Tidak hanya yang pertama tetapi harus sampai yang kedua,” tandasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Kabupaten Manggarai tergolong kabupaten yang belum mencapai lima puluh persen (50%) untuk tahap kedua, untuk tahap satu juga mungkin belum mencapai target jadi sangat rentan untuk tertular pandemi COVID-19. Oleh karena itu kita membantu melalui sekolah, kerja sama dengan pemerintah untuk membantu di tempat-tempat yang belum di vaksin

“Jadi, saya mewakili partai Demokrat menyampaikan terima kasih banyak kepada kepala sekolah SMA St. Klaus Kuwu yang telah memungkinkan kerja sama ini untuk siswa SMP dan SMA. Komunitas yang sangat rentan kena covid, kalau satu kena maka semua bisa kena. Oleh sebab itu maka selayaknya komunitas SMP dan SMA seperti ini wajib mestinya terdahulu untuk mendapatkan vaksin,” terangnya.

“Pada saat ini kami membantu meringankan kesulitan SMP dan SMA ini untuk mendapatkan vaksin,” terangnya lanjut.

Saat bersamaan, Kepala Sekolah SMA Santo Klaus, Rm. Ansy Syukur, menjelaskan bahwa pihaknya selama ini kesulitan untuk mendapatkan vaksin COVID-19 untuk anak SMP dan SMA di sekolah tersebut.

“Saya pernah melobi di beberapa sekolah di Kota Ruteng, pernah juga lobi di Dinas Kesehatan tetapi tidak berhasil karena kuota vaksinasi tidak cukup,” terangnya.

Dirinya sangat bersyukur lanjutnya, karena pada saat sedang memikirkan vaksin untuk anak-anak SMP dan DMA, saat itu juga salah satu staf partai Demokrat mendatanginya untuk menawarkan vaksinasi.

“Sepertinya kehadiran roh Kudus, karena di saat saya kesulitan untuk mendapatkan vaksin tiba-tiba ada orang yang menawarkan vaksin,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa hari ini berjumlah 700 siswa SMP dan SMA yang ikut vaksin. Jumlah tersebut sesuai dengan kuota yang disediakan oleh pihak Partai Demokrat.

Untuk diketahui vaksinasi yang diselenggarakan oleh Partai Demokrat hari ini, Senin (22/11) berlangsung di dua lokasi yakni, berlangsung di Puskesmas Timung, Desa Golo Mendo, Kecamatan Wae Rii, Kabupaten Manggarai, sasarannya masyarakat umum. Selain di Desa Golo Mendoakan juga pelaksanaan vaksinasi di SMP dan SMA ST. Klaus Kuwu, Desa Benteng Kuwu, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT.

Pencapaian Vaksinasi di Dua Lokasi

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini dari kepala Puskesmas Timung, Desa Golo Mendo, Kecamatan Wae Rii, Kabupaten Manggarai, Eduardus Jarut, pencapaian vaksinasi di Puskesmas Timung telah mencapai standar pencapaian nasional yakni 72%.

“Puskesmas Timung telah mencapai standar nasional pak, kita di Puskesmas ini telah mencapai 72%, sementara standar nasional 70 sampai 80%,” terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa selama melaksanakan vaksinasi di Puskesmas Timung tidak ada kendala baik yang dialami oleh pihak nakes maupun masyarakat yang divaksin.

“Antusiasme masyarakat untuk vaksin itu di sini sangat tinggi pak, kadang kita juga kendala kuota vaksin yang disediakan dari dinas,” terangnya.

Untuk diketahui wilayah kerja Puskesmas Timung mencakupi enam (6) Desa.

Sementara itu, berbeda dengan pristiwa yang dialami oleh Kepala Puskesmas Wae Mbeleng, Desa Benteng Kuwu, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Gabriel Ganggut. Ia menjelaskan bahwa Puskesmas Wae Mbeleng masi rendah pencapaian vaksinasi.

“Kita di Puskesmas Wae Mbeleng ini baru mencapai 28%,” terangnya.

Pencapaian tersebut jelasnya masih jauh dari target nasional yakni 70 sampai 80%.

“Masih sangat jauh pak kalau mengikuti target nasional,” terangnya lanjut.

Pada bagian lain, ia menjelaskan bahwa Kendala yang dialami oleh pihak Puskesmas saat ini adalah soal ketersediaan vaksin.

“Kita kendala di ketersediaan vaksin pak,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *