Putra-Putri Kebudayaan Flotim Wakili Indonesia Ikut Lomba di Vietnam

waktu baca 2 menit

LARANTUKA, florespedia.id – Putra-putri Nusantara Flores Timur (Flotim), Abdul Majid Rizkian Ruing dan Kresensia Lidya Fira Assan, terpilih mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam ajang pemilihan putra-putri kebudayaan nusantara tingkat nasional 2021 yang digelar di Yogyakarta November ini.

Dalam ajang tingkat nasional, pasangan dari Flotim ini berhasil masuk runner-up. Abdul Majid Rizkian Ruing meraih runner-up 3 kategori putra, sementara Kresensia Lidya Fira Assan meraih runner-up 4 kategori putri.

“Seleksi di tingkat provinsi mereka yang terbaik dan terpilih mewakili NTT ke ajang nasional. Hasilnya di tingkat nasional, putri runner up 4 dan putra runner up 3,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flotim, Petrus Pamang Liku kepada wartawan, Kamis (18/11).

Menurut dia, setelah berhasil meraih runner-up, dalam kategori tertentu, putra putri Flotim ini akan mewakili Indonesia mengikuti perlombaan di Vietnam pada Februari 2022 mendatang.

“Keduanya akan dikirim ke Vietnam mengikuti perlombaan antar negara,” katanya.

Abdul Majid dan Kresensia terpilih dari hasil pemilihan putra-putri kebudayaan nusantara tingkat Kabupaten Flores Timur yang digelar dinas pariwisata dan kebudayaan Flotim.

Sebelum diberangkatkan, kata dia, keduanya diberikan pembekalan tentang aspek budaya di Flores Timur.

“Kami berikan pemahaman tentang budaya Flores Timur dan memfasilitasi mereka untuk foto dan ambil video di lokasi wisata seperti, Mekko, kampung adat Lewokluok dan di Desa Pepakgeka. Di Pepakgeka lebih ke konteks keberadaan gereja dan masjid berdekatan yang menunjukan kuatnya toleransi, karena nilai budaya yang dianut masyarakat Lamaholot,” katanya.

Setelah diberi pembekalan, putra-putri kebudayaan ini diberangkatkan ke Kupang untuk mendapat pembekalan lanjutan.

“Di tingkat provinsi, keduanya terpilih menjadi terbaik dan diberangkatkan ke Yogyakarta bersama utusan daerah lainnya dalam penilaian tingkat nasional,” jelasnya.

Ia berharap dengan mewakili NTT, potensi wisata budaya maupun bahari Flores Timur semakin dikenal di mata dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *