Dekatkan Pelayanan kepada Anggota, KSP Kopdit Obor Mas Resmikan Kantor Capem Kota Baru, Ende

waktu baca 3 menit
Keterangan foto: Penanda tanganan prasasti peresmian Kantor KCP Kota Baru oleh Tokoh Koperasi Indonesia, Romanus Woga, Jumat (12/11). Foto: Mario WP Sina.

ENDE-KSP Kopdit Obor Mas terus mengepakkan sayap pelayanan dengan menghadirkan kantor cabang baru.

Pada Jumat (12/11) siang, dilakukan peresmian Kantor KSP Kopdit Obor Mas Cabang Kota Baru di Desa Kota Baru, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Ende.

Pantauan media ini, acara peresmian diawali dengan misa syukur yang dipimpin oleh Pastor Paroki Kota Baru, RD.Yohanis Senda.

Peresmian ditandai dengan penanda tanganan prasasti oleh Tokoh Koperasi Indonesia, Romanus Woga dan Pastor Paroki Kota Baru, RD.Yohanis Senda, mewakili Uskup Agung Ende. Disaksikan oleh Asisten 1 Setda Ende, Abraham Badu, Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Andreas Mbete, GM Obor Mas, L.Frediyanto, jajaran pengurus dan anggota KCP Kota Baru yang hadir.

Pada kesempatan itu, Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Andreas Mbete mengatakan, KCP Obor Mas Kota Baru semula bernama KCP Ndondo. Tiga tahun lalu, tahun 2018, Obor Mas memulai pelayanan ke wilayah Pantura Ende dan memilih Ndondo sebagai pusat pelayanan.

Melalui evaluasi soal tempat pelayanan dan akses yang baik, maka dipilih Kota Baru sebagai tempat pelayanan. Perubahan nomenklatur nama KCP Ndondo menjadi KCP Kota Baru telah diurus.

Menurut Andreas Mbete, pembukaan kantor-kantor cabang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada anggota. Selain itu, pembukaan cabang juga meningkatkan pertumbuhan, baik anggota maupun simpanan dan pinjaman.

Ia juga mengatakan jumlah anggota KSP Kopdit Obor Mas di KCP Kota Baru, Kabupaten Ende mencapai 3.218 orang per 31 Oktober 2021.

“Total simpanan anggota mencapai Rp6,7 miliar lebih dengan pinjaman yang beredar senilai Rp14,9 miliar lebih. Hingga saat ini, aset KCP Kota Baru senilai Rp20,6 miliar lebih,” ungkap Andreas Mbete.

Sementara itu, Bupati Ende Drs. Djafar H. Achmad dalam sambutan yang dibacakan Asisten 1 Setda Ende, Abraham Badu menyampaikan kehadiran kantor KSP Kopdit Obor Mas Cabang Kota Baru ini adalah suatu terobosan yang dilakukan oleh pihak manajemen untuk mendekatkan pelayanan kepada warganya yang merupakan anggota KSP Kopdit Obor Mas.

Untuk itu, ia menegaskan kehadiran sebuah koperasi tidak hanya sebatas melakukan aktivitas yang konvensional seperti menghimpun simpanan dan menyalurkan pinjaman. Akan tetapi kata dia, kehadiran koperasi ini harus lebih inovatif, kreatif dan terutama penguatan anggota sebagai basis koperasi.

“Program nyata yang harus dilakukan oleh koperasi ini adalah membangun kapasitas anggota sehingga memiliki semangat kewirausahaan dengan melakukan berbagai kegiatan seperti pelatihan keterampilan usaha ekonomi produktif dan pendidikan bagi anggotanya,” ungkapnya.

Dirinya meminta KSP Kopdit Obor Mas harus menjadi fasilitator dan mediator dalam menemukan metode bisnis dalam membangun jejaring anggotanya.

“Saya berharap kehadiran KSP Kopdit Obor Mas di wilayah Kecamatan Kota Baru ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Ende terutama dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkap Bupati Ende yang dibacakan oleh Abraham Badu.

Diakhir sambutan, Bupati Ende memberikan apresiasi kepada KSP Kopdit Obor Mas yang telah ikut berperan membangun pilar ekonomi di wilayah Kecamatan Kota Baru dalam memerangi kemiskinan dan meminimalisir angka pengangguran serta mendukung pertumbuhan ekonomi  dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *