Lewat Deklarasi Damai, 36 Calon Kades di Manggarai Komit Sukseskan Pilkades

waktu baca 3 menit

RUTENG – Pemerintah Kecamatan Ruteng, melalui Plt. Camat Ruteng Lody Moa, menyelenggarakan deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sebagai wujud komitmen bersama untuk menyukseskan pemilihan Kepala Desa yang akan dilaksanakan pada, Kamis (11/11) mendatang.

Deklarasi damai Pilkades untuk kali pertama dilaksanakan di Aula Kantor Camat Ruteng, Pada Jumat (05/11)

Pantauan media ini, deklarasi Pilkades damai tersebut dipimpin langsung oleh Plt. Camat Ruteng Lody Moa, diikuti oleh 36 Calon Kades dari 13 desa serta Penyelenggara Pilkades se-Kecamatan Ruteng.

Untuk diketahui, 13 desa tersebut yang meliputi Desa Poco Likang 2 Calon, Desa Benteng Kuwu 2 Calon, Desa Kakor 4 Calon, Desa Bea Kakor 2 Calon, Desa Compang Namut 3 Calon, Desa Beo Rahong 5 Calon, Desa Pong Murung 2 Calon, Desa Meler 4 Calon, Desa Pong Lale 2 Calon, Desa Goloworok 3 Calon, Desa Pong Leko 2 Calon, Desa Pong La’o 3 Calon dan Desa Bulan 2 Calon.

Ke-36 calon kepala desa berusaha merebut hati para pemilih dengan total pemilih Pilkades di Kecamatan Ruteng berjumlah 20.523 orang.

Selain para calon kades, deklarasi Pilkades damai itu juga diikuti jajaran Forkopimcam Kecamatan Ruteng, Pjs Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Panitia Pilkades, Para Ketua Tim Pemenangan masing-masing Calon dan Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) dari 13 Desa Penyelenggara Pilkades.

Adapun bunyi dari deklarasi yang di ikrarkan oleh 36 calon kades antara lain:

Pertama, para calon kades sepakat bersama sama akan mematuhi dan melaksanakan Pilkades secara damai, sopan, bermartabat dan penuh tanggung jawab demi terselenggaranya Pilkades serentak 2021secara jujur, adil dan demokratis.

Kedua, para calon kades bersedia mematuhi dan melaksanakan segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pilkades tahun 2021.

Ketiga, para calon kades sepakat untuk menciptakan situasi yang kondusif selama pelaksanaan Pilkades serentak 2021.

Keempat, para calon kades bertekad untuk siap menang dan siap kalah dalam gelaran Pilkades serentak 2021. Karena rakyat telah menentukan pilihannya yang wajib dihargai dan di hormati.

Kelima, para calon kades tidak akan melakukan pelanggaran hukum baik pidana maupun perdata, maupun pelanggaran aturan tahapan Pilkades lainnya.

Keenam, para calon kades sepakat untuk tidak melakukan politik uang, menyebarkan isu sara dan berita bohong dalam pelaksanaan Pilkades tahun 2021.

Ketujuh, para calon kades sepakat, bagi calon kepala desa yang terpilih, tidak akan membuat acara pesta yang berlebihan yang dapat memancing dan memicu situasi yang kurang kondusif.

Kedelapan, para calon kades sepakat, bagi calon kepala desa yang tidak terpilih, tidak melakukan upaya atau kegiatan yang bersifat memprovokasi masa pendukungnya untuk melakukan tindakan anarkis atau perbuatan melanggar hukum yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

Kesembilan, para calon kades sepakat, agar masing-masing pendukung tidak melakukan konvoi dan euvoria berlebihan yang dapat memancing dan menimbulkan potensi konflik di wilayah desa Masing-masing.

Usai pengucapan deklarasi, dilanjutkan penandatanganan naskah deklarasi oleh perwakilan calon kades, serta penandatanganan berita acara deklarasi di saksikan Plt Camat Ruteng.

Camat Ruteng dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pilkades mempunyai potensi gangguan keamanan yang tinggi karena ruang wilayah pemilihannya sempit.

Oleh karena itu lanjutnya diminta agar seluruh calon Kades bisa berkomitmen menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah selama Pilkades serentak berlangsung.

“Martabat dan harga diri perlu dijaga, hindari konflik dengan tetangga dan saudara sendiri gara-gara beda pilihan dan beda dukungan. Pada dasarnya setiap kontestasi, pasti ada yang menang dan ada yang kalah, semuanya harus siap menang dan siap kalah. Pilkades serentak di Kecamatan Ruteng harus berjalan lancar, aman dan kondusif, ini menjadi komitmen dan tanggung jawab kita bersama,” Paparnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Pemerintah Kecamatan Ruteng bersama seluruh jajaran, baik Bhabinkamtibmas, Babinsa siap mengawal kesuksesan Pilkades.

“Kita siap kawal,” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *