Anggota DPR RI Julie Laiskodat Bantu Bibit Buah untuk 2 Kelompok Tani di Lewomada, Sikka

waktu baca 4 menit
Keterangan foto: Penyerahan bantuan bibit buah kepada kelompok tani di Desa Lewomada. Bantuan bibit ini hasil aspirasi Anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat.

MAUMERE- Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, kembali memberikan perhatian dan bantuannya bagi kelompok tani di Kabupaten Sikka.

Dalam siaran pers kepada media ini, Tenaga Ahli Juie Sutrisno Laiskodat di Kabupaten Sikka, Rinto Babtista mengatakan, pihaknya pada 14 Oktober lalu, telah menyerahkan bantuan anakan tanaman buah di Bokang, Desa Lewomada, Kecamatan Talibura bertempat di sekretariat Poktan Bapa Blelirin.

Bantuan anakan tersebut diantaranya jambu kristal, mangga, alpukat dan rambutan sebanyak 500 anakan.

Dikatakan Rinto Babtista, bantuan anakan tanaman buah-buahan oleh Julie Sutrisno laiskodat melalui BBKSDA Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI berjumlah 8.000 anakan.

Bantuan anakan tanaman tersebut didatangkan langsung dari Pasuruan, Bali dan Magelang oleh sejumlah pihak penangkar benih.

“Dari 8.000 anakan tersebut, kurang lebih 5.000 an anakan dapat terdistribusi ke sejumlah kelompok tani di 7 desa / kelurahan yakni desa Lewomada, Nebe, Egon Gahar, Hoder, Watugong, Dobonuapu’u, Dobo dan Kelurahan Nangameting. Tinggal tiga desa dan 1 kelurahan yang rencananya akan didistribusikan dalam waktu dekat ini,” ungkap Rinto Babtista, Minggu (31/10) pagi.

Hadir pada kesempatan penyerahan bantuan anakan tanaman, Wakil Bupati Sikka sekaligus Ketua DPD NasDem Sikka, Romanus Woga, Kepala Desa Lewomada, ketua BPD dan seluruh anggota dari 3 kelompok tani penerima bantuan, Rinto Baptista selaku tenaga ahli Julie Laiskodat, PPL pertanian Desa Lewomada,  para tokoh masyarakat dan orang muda se desa Lewomada.

Kehadiran Romanus disambut secara adat istiadat sebagaimana tradisi masyarakat Bokang Lewomada.

Romanus Woga pada sambutannya menjelaskan, bantuan anakan tanaman buah-buahan ini bersumber dari perjuangan berjenjang kader Partai NasDem yg akhirnya diperjuangkan oleh Ibu Julie Sutrisno Laiskodat di Jakarta, yakni di kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Julie laiskodat adalah Srikandi NTT, ia sangat getol memperjuangkan kebutuhan masyarakat baik pada bidang pertanian, peternakan, perikanan, lingkungan hidup, kehutanan maupun urusan logistik nasional.

Romanus Woga pada sambutan menjelaskan, bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan produktivitas tanaman tersebut, disamping itu juga sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup terutama tata lingkungan dan ruang pemukiman desa.

Dikatakannya, selain bidang pertanian, Partai Nasdem juga sangat fokus memperjuangkan hal ihwal tentang lingkungan hidup dan kehutanan, serta kelautan dan perikanan.

Lebih lanjut, Lewomada sebagai desa yang berbatasan langsung dengan kabupaten Flotim, menjadi pintu hubungan ekonomi antara kabupaten Sikka dan Flotim.

Oleh karena itu, masyarakat desa dan para pemangku kepentingan mulai dari desa sampai pusat harus terus bekerja keras dan bergerak cepat memacu pertumbuhan ekonomi di Desa Lewomada.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Viktor Laiskodat, bulan November 2021 sudah dapat dibangun hotmiks di ruas jalan ini sampai Mude jebak sepanjang 7 km dan jika berjalan baik akan dilanjutkan lagi 3 Km,” ungkap Romanus Woga.

Selain mendapat bantuan anakan tanaman, pada kesempatan tersebut, 2 kelompok tani yaitu Poktan Tobi Wolor dan KWT Tawa Tanah juga mendapat paket bantuan horti cabai seluas setengah hektar.

Ketua kelompok Tani Watu Lusi, Yan Bala menyambut gembira dengan bantuan anakan tanaman buah ini. Ia berterimakasih kepada Partai Nasdem Sikka teristimewa kepada ibu Julie Laiskodat yg telah membantu kelompok tani di Lewomada ini.

Kepala desa Lewomada, Domi Pondeng saat membuka kegiatan serah terima bantuan anakan menyampaikan bahwa pemerintah desa memberi apresiasi kepada partai Nasdem dan terkhusus ibu Julie Laiskodat yang telah membantu masyarakat Lewomada.

“Desa kami ini harus terus dijamah, oleh karena itu pemerintah secara berjenjang, partai politik dan legislator sebagai perwakilan rakyat diharapkan selalu hadir dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat. Kami beri hormat dan bersyukur bapak Romanus Woga selaku ketua DPD Nasdem Sikka telah hadir menyapa sekaligus bersilaturahmi,” ungkap Kades Domi Pondeng.

Terpisah, Tenaga Ahli Juie Sutrisno Laiskodat di Kabupaten Sikka, Rinto Babtista menambahkan, terhadap penyediaan anakan tanaman, akan lebih efektif jika petani di sikka sendiri yang menangkar atau membenih, melalui pola kebun bibit rakyat, sehingga petani dapat belajar dan secara mandiri dapat melakukan kerja pembenihan dengan hasil yang maksimal.

Menurutnya, ini sebuah model implementasi pola padat karya tani yang menyentuh langsung para petani, sekaligus dalam upaya pemulihan ekonomi rumah tangga tani selama pandemic COVID-19 ini.

Lanjutnya, pada bulan November 2021 yang akan datang, sejumlah lembaga di bawah Keuskupan Maumere serta sejumlah kelompok tani di Sikka akan memperoleh bantuan anakan buah jeruk, mangga dan durian lewat program Pengembangan Kampung Buah Kementerian Pertanian RI seluas 10 hektare.

“Ini bukti keberpihakan dan keseriusan perjuangan yang ditunjukan oleh Partai Nasdem demi pelestarian lingkungan serta upaya pemulihan ekonomi masyarakat Kabupaten Sikka,” ungkap Rinto Babtista.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *