SMAS Katolik Caritas Maumere, Sukses Selenggarakan Pemilihan Pengurus OSIS

waktu baca 3 menit
Kepsek SMAS Katolik Caritas Maumere, Tarsius Kris Lidi melantik pengurus OSIS masa Bhakti 2021-2022.

MAUMERE – SMAS Katolik Caritas Maumere sukses menyelenggarakan pemilihan Pengurus OSIS masa bhakti 2021-2022 menggunakan sistem keterwakilan siswa.

 Pemilihan pengurus OSIS bertempat di salah satu ruang kelas sekolah SMAS Katolik Caritas Maumere, Kamis (21/10).

 Dari dua pasangan calon pengurus OSIS, akhirnya pasangan  Fabianus Tukan Werang dan Fransiska Siti Karmila terpilih menjadi ketua dan wakil ketua dengan jumlah suara terbanyak 23 suara dari 44 pemilih.

Pemilihan Ketua OSIS SMAS Katolik Caritas Maumere ini digelar setelah pengurus OSIS periode  2019 -2020 habis masa jabatannya.

 Kepala Sekolah SMAS Katolik Caritas Maumere, Tarsius Kris Lidi, menjelaskan secara garis besar pemilihan pengurus OSIS merupakan agenda rutin tiap tahun. Ajang demokrasi ini sebagai sarana edukasi siswa.
 
 “Kami ingin menciptakan budaya berdemokrasi yang baik dengan menggunakan hak pilih untuk memilih pengurus OSIS yang tepat menurut siswa, “kata Tarsius Kris Lidi.

 Ia menjelaskan, lembaga pendidikan  SMAS Katolik Caritas Maumere memiliki siswa sebanyak 151 orang dan Tenaga Pengajar sebanyak 20 orang . Proses pemilihan masing-masing kelas mengirim keterwakilan. Dengan jumlah pemilih sebanyak 44 orang.

  “Kita masih dalam masa pandemi dan untuk menghindari kerumunan, pihak sekolah bersama Tim Pembina OSIS dan siswa-siswi melakukan proses Penjaringan, Pencalonan dan Kampanye Visi Misi yang sudah terjadi pada satu Minggu yang lalu. Dan hari ini terjadi proses pemilihan dengan peserta perwakilan dari masing-masing kelas,” ujar Tarsius Kris Lidi.
 
Tarsius berharap dengan adanya pemilihan pengurus OSIS yang baru dapat menjalankan program kerja dengan baik sesuai dengan visi dan misi lembaga pendidikan yaitu menciptakan generasi muda yang berakhlak, berkarakter dan  berprestasi, menguasai IPTEK dan peduli terhadap lingkungan.

Pembina OSIS SMAS Katolik Caritas, Angela Lusia Tuti Atapukan menjelaskan pemilihan pengurus OSIS tahun ini mengalami perubahan. Karena di tengah Pandemi COVID-19 yang masih berlanjut  proses pemilihan kita gunakan sistem keterwakilan.

” Karena wabah Pandemi COVID-19 masih terus berlanjut jadi kita putuskan pemilihan pengurus OSIS dengan sistem manual pemungutan suara, ” kata Angela Lusia Tuti.
 
Diakui Angela Lusia pemilihan pemungutan suara melalui keterwakilan kelas merupakan langkah tepat di masa Pandemi COVID-19 saat ini. Karena selain menghindari kerumunan  siswa yang terpenting dapat mencegah penyebaran virus COVID-19.
 
“Mudah-mudahan program kerja yang disampaikan oleh calon terpilih bisa terlaksana dengan baik,” harapnya.

Menurutnya, kegiatan pemilihan Ketua OSIS diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik.

Dia juga mengatakan, pemilihan Ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS.

“Ini pembelajaran yang sangat berharga,” tuturnya.

Pantauan media setelah sukses dengan terpilihnya pengurus OSIS, Kepsek SMAS Katolik Caritas, Tarsius Kris Lidi langsung mengambil sumpah dan pelantikan kepada pasangan terpilih Fabianus Tukan Werang dan  Fransiska Siti Karmila.
 
Kontributor: Athy Meaq.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *