Bulan Bahasa Tingkat SMAN 1 Ile Ape Resmi Digelar, Ada 12 Item Perlombaan

waktu baca 2 menit
Foto : Flayer bulan Bahasa dan Sastra di SMAN 1 Ile Ape, Lembata.

LEWOLEBA-Pembukaan Bulan Bahasa tingkat SMAN 1 Ile Ape Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur secara resmi digelar. 

Kegiatan ditandai dengan upacara pembukaan yang berlangsung di lapangan voli Singa Padang, Kecamatan Ile Ape Kabupaten Lembata.

Ketua panitia kegiatan bulan bahasa dan peringatan hari Sumpah Pemuda ke 93 tingkat SMA Negeri 1 Ile Ape, Jalal Rebong, S.Pd, dalam laporan panitia menyampaikan kegiatan bulan bahasa telah dicanangkan oleh kepala SMAN 1 Ile Ape.

Dia menyebut kegiatan itu menjadi rutin secara tahunan sebagai wujud kecintaan terhadap bahasa dan sastra Indonesia yang terdapat di dalam ikrar sumpah pemuda.

“Jenis perlombaan yang diselenggarakan terdiri dari 12 item lomba yakni, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Inggris, puisi, teater, tarian kreasi, qasidah, dana dani, cerdas cermat, fashion show,  penataan kelas, bola voli, dan catur,” katanya Kamis (21/10).

Ia menjelaskan, pelaksanaan kegiatan bulan bahasa tahun 2021 ini, mengusung tema “Restorasi Bahasa Sastra dalam Tatanan Hidup Baru menuju Insan yang Cerdas Berkarakter di SMAN 1 Ile Ape”. 

Kepala SMAN 1 Ile Ape Aloysius Aba, S. Pd, menyampaikan, restorasi kebangkitan Bahasa Sastra dan seni bagi civitas akademik SMAN Ile Ape merupakan hal mendesak dan bukan semata kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan untuk memenuhi program sekolah.

“Kami memandang perlu untuk memulihkan semua aspek perkembangan peserta didik siswa, tenaga pendidik dan kependidikan setelah sekian lama terkungkung oleh pandemi  yang menghantam aktivitas pembelajaran,” kata Kepsek yang pernah menjadi Kepsek Prestasi dan berdedikasi tingkat Nasional tahun 2018 dan 2019. 

Dia mengajak sudah saatnya semua stakeholder harus bersatu, dan bangkit untuk terus bertumbuh sebagaimana tema umum Hari Sumpah Pemuda tahun 2021.

Demikian juga dengan para peserta didik harus kembali melakukan tugas sebagaimana mestinya.

“Mengisi hari – hari hidup mereka di bidang akademik dan non akademik. Kami sangat mengharapkan adanya mutiara-mutiara bersinar yang muncul dalam diri para peserta didik,” sebutnya.

“Kegiatan ini akan mencapai puncak pada tanggal 28 Oktober 2021 yang akan selalu dihadiri oleh orang tua wali murid, sebagai jawaban atas pelaksanaan Permendikbud nomor 30 tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga dalam pendidikan,” paparnya.

Aloysius Aba, juga mengingatkan panitia agar memperhatikan penerapan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan COVID-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *