Disparbud Sikka Latih 20 Tenaga Pemandu Wisata Selam

waktu baca 2 menit
Keterangan foto: Pelatihan menyelam yang digelar digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Sikka, Senin (18/10).

MAUMERE – Sebanyak 20 peserta pemandu wisata selam mengikuti pelatihan menyelam yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kabupaten Sikka, dengan level Advance, Rescue dan First Aid.

Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, yaitu tanggal 18-21 Oktober 2021 di Hotel Sea World Club, Maumere, Senin (18/10).

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Ermelinda E. Wonga, menyampaikan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi para pemandu wisata selam, agar dapat memenuhi standar kompetensi kerja nasional ( SKKNI), juga secara bertahap mampu menghasilkan pemandu wisata selam yang berkualitas di semua tingkatan.

Menurut Linda, sasaran yang harus dicapai oleh peserta yaitu harus mengetahui dan memahami keterampilan lanjutan dan keterampilan keselamatan dalam menyelam, memahami manajemen kepemanduan peralatan dan perlengkapan untuk keselamatan penyelam serta pentingnya cara mengetahui dan mengenali lokasi penyelaman.

Selain itu, kata Linda, untuk mengetahui teknik kepemanduan wisata selam dan memahami proses mengevaluasi kegiatan penyelaman agar mendapat sertifikat pemandu wisata selam.

Sementara itu Kadis Parbud, Petrus Poling Wairmahing mengatakan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepariwisataan di Kabupaten Sikka, Pemda melalui Disparbud terus melakukan kegiatan pembinaan kepariwisataan kepada masyarakat, pelaku usaha pariwisata dan komunitas peduli wisata.

” Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dengan melakukan kegiatan pembinaan seperti ini, tidak hanya mendukung kegiatan kepariwisataan saja, tapi juga untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sikka,” ungkapnya

Selain itu lanjutnya, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah melakukan pembinaan kepariwisataan untuk menyiapkan SDM yang handal di bidang pariwisata terlebih khusus untuk menjadi pemandu wisata selam di Kabupaten Sikka sehingga kedepannya daerah ini memiliki tenaga-tenaga selam yang profesional.

Kegiatan pelatihan ini diikuti 20 dengan rincian 15 orang peserta bersertifikat Open Water dan 5 orang bersertifikat Advance.

Dalam pelatihan ini juga menghadirkan 3 instruktur utama. 2 orang instruktur bersertifikat Instruktur Dive An. Royke Melldy Legi dan Yohanes Saleh dan 1 orang bersertifikat Dive Master, An. Wilhelmus Maring.

Para peserta akan memperoleh sertifikat berbayar dari Asosiasi selam yaitu Profesional Scuba School (PSS).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, KadisPar Sikka, Petrus Poling Wairmahing, Kabid Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Ermelinda E. Wonga, Kabid Industri dan Ekonomi Kreatif, Emma Irmina Puli, Kabid Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia, George Richard Valentino, Malik S. Perwakilan lanal Maumere, Perwakilan Basarnas Maumere, manajer Hotel Sea World Club Maumere, Alfred Wempy serta para pegawai dalam lingkup Disparbud Sikka.

Kontributor Athy Meaq.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *