Petani Desa Tanaduen, Sikka, Senang Dapat Bantuan Traktor Roda Empat dari Anggota DPR Julie Laiskodat

waktu baca 3 menit
Keterangan foto: uji coba pemanfaatan traktor roda empat oleh petani di Desa Tana Duen, Kamis (16/9). Foto: Mario WP Sina.

MAUMERE- Para petani di Desa Tanaduen, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, yang tergabung dalam kelompok tani dan Gapoktan Nanga Wan, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Anggota DPR RI Komisi IV, Julie Sutrisno Laiskodat atas perjuangannya sehingga petani di Desa Tanaduen mendapatkan bantuan 1 unit traktor roda empat dari Kementerian Pertanian.

“Terima kasih banyak ibu Julie Sutrisno Laiskodat yang sudah memperjuangkan kami terutama petani Tana Duen untuk meningkatkan produksi pertanian,” ungkap Ketua Gapoktan Nanga Wa, Silvester Felix, Kamis (16/9).

Dikatakannya, Gapoktan Nanga Wan terdiri 20 kelompok tani yang sudah berdiri pada tahun 2009. Dengan adanya bantuan taktor roda empat ini akan dipergunakan oleh petani untuk membajak tanahnya lebih cepat dan lebih hemat biaya.

Ia mengaku, selama ini pihaknya mengandalkan traktor tangan. Selain itu, ada juga petani yang menyewa traktor roda empat ke pihak ketiga dengan biaya Rp.850 ribu per 1 hektar lahan.

“Gapoktan Nanga Wan ini terdiri dai 20 kelompok kecil. Dan bantuan satu unit traktor ini akan kami gunakan untuk seluruh anggota kami, dengan biaya perawatan dan biaya operasional tentunya kami ambil dari iuran anggota kelompok,” ujarnya.

Lanjutnya, kelompok tani yang tergabung di dalam Gapoktan Nanga Wan memiliki luas lahan pertanian 228 hektar dan jumlah petani 338 petani.

Sementara itu, Maria Bispanti pejabat kepala desa Tana Duen menuturkan bantuan traktor roda empat ini sangat bermanfaat bagi petani di desanya yang mana selama ini mengandalkan traktor tangan dan ada pula yang masih menggunakan cangkul.

Keterangan foto: pemberkatan traktor roda empat oleh Pastor Paroki Bolawolon, Kamis ,(16/9).

“Bantuan traktor ini sangat bermanfaat. Ini merupakan dambaan kami dari tahun ke tahun dan baru terjawabi di tahun ini. Kami disini tanah kering sehingga bantuan traktor roda empat ini sangat cocok,” ungkap Maria Bispanti.

Sementara itu Wakil Bupati Sikka sekaligus Ketua Partai NasDem Sikka, Romanus Woga menjelaskan bantuan traktor roda empat merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian yang merupakan perjuangan dari Anggota DPR RI Partai NasDem, Julie Sutrisno Laiskodat, guna mendukung percepatan penanaman dan peningkatan produktivitas bagi petani di Kabupaten Sikka.

Romanus Woga mengharapkan dengan kehadiran alsintan dapat meningkatkan produktivitas pertanian. Oleh sebab itu diharapkan alat pertanian ini dapat di jaga dan dirawat dengan baik.

“Jadi saya minta tolong rawat dan jaga barang-barang ini karena alsintan ini mampu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani,” ucapnya.

Pantauan media ini hadir dalam penyerahan traktor roda empat, Wakil Bupati Sikka sekaligus Ketua Partai NasDem Sikka, Romanus Woga, Sekretaris Partai NasDem Kabupaten Sikka, Ipi Seli Seng, Staf Ahli Rinto Babtista, Kades Tana Duen, Pastor Paroki Bolawolon, Koramil Kewapante, Wakapolsek Kewapante,
serta puluhan petani Desa Tanaduen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *