Anggota DPRD Sikka ini Tegaskan Tak Pernah Ada Niat Lukai Nakes Tangani Pasien COVID-19

waktu baca 4 menit

MAUMERE – Benediktus Lukas Raja, salah satu anggota DPRD Kabupaten Sikka dari Fraksi PDIP akhinya memberikan klarifikasi terkait pernyataannya pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) anggota DPRD Sikka dan Satgas COVID-19 yang berlangsung secara virtual dan offline pada Jumat (9/7).

Pada saat RDP itu, Diki Raja, sapaan akrab politisi PDIP itu mengingatkan para tenaga kesehatan (Nakes) agar tidak menjadikan pandemi COVID-19 sebagai proyek.

“Pak Bupati dan Pak Sekda, tolong evaluasi para dokter. Kita setuju perhatikan mereka. Dokter dan para tenaga medis adalah garda terdepan. Tetapi jangan jadikan pandemi COVID-19 ini sebagai proyek,” ungkap Diky Raja.

Dirinya juga meminta agar dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh laboratorium yang ada di Kabupaten Sikka karena jangan sampai alat rapid testnya untuk mengcovidkan orang.

“Periksa itu yang memiliki laboratorium. Jangan sampai alat ini untuk covidkan orang. Ini, saya harus katakan untuk melindungi rakyat,” pesannya.

Lanjutnya, kasus COVID-19 di Kabupaten Sikka ini terus meningkat. Akibat penanganan tidak maksimal, sehingga terus terjadi peningkatan kasus.

Pernyataan itu kemudian mendapat tanggapan pro dan kontra dari berbagai kalangan di Kabupaten Sikka.

Menanggapi berbagai macam komentar masyarakat dan para tenaga kesehatan, Benediktus Lukas Raja akhirnya memberikan klarifikasinya melalui media ini yang diterima pada Sabtu (10/7) malam.

Diki Raja dalam penjelasannya mengatakan bahwa apa yang disampaikan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) itu sebagai bentuk dukungan dirinya agar penanganan pandemi COVID-19 di Kabupaten Sikka dapat ditangani secara baik.

“Saya pribadi dalam kapasitas sebagai anggota DPRD yang diberikan kewenangan konstitusi wajib mengingatkan kepada semua stakeholder termasuk pemerintah agar penanganan pandemi dilaksanakan secara profesional. Banyak kasus yang terjadi yang selama ini menjadi keluhan rakyat. Diantaranya ada hasil rapid yang berbeda antar masing-masing laboratorium,” tulis Diki.

Selanjutnya, tulis Diki, bahwa ia menyampaikan hal tersebut dalam kapasitasnya sebagai wakil rakyat untuk sekedar mengingatkan dan tidak ada tendensi apa-apa untuk mengadili.

Terkait anggaran yang besar dalam penanganan pandemi COVID-19, ia berharap adanya hasil yang maksimal dalam hal penanganan COVID-19.

“Hasilnya adalah bahwa kerja semua pihak berbuah manis. Kita bisa menekan laju peningkatan kasus COVID-19 dan bahkan sampai nol kasus di Kabupaten Sikka ini. Karena disitulah ruang pengawasan yang dilakukan sebagai wakil rakyat,” lanjutnya lagi.

“Kita mau supaya pandemi ini segera berakhir. Tetap semangat untuk para nakes dan dokter. Kalian garda terdepan saat ini. Respek saya untuk semuanya terlebih para nakes yang menjadi garda terdepan. Saya secara pribadi akan terus berjuang memperhatikan nasib para nakes dan dokter sesuai dengan tugas dan fungsi saya sebagai Anggota DPRD,” tambahnya.

Lebih lanjut Diki juga mengatakan bahwa pada saat RDP itu, ia juga menyampaikan dukungan dan atensi terhadap para nakes dan dokter sebagai garda terdepan.

Dalam penjelasannya, ia kemudian mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sikka agar senantiasa memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 dengan tetap menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dan menghindari kerumunan yang kemungkinan terpaparnya COVID-19.

“Saya juga mengajak kita pro aktif terhadap pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh para tenaga kesehatan. Mari kita semua patuhi protokoler kesehatan dan tetap mendukung upaya vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah saat ini,” tulisnya lagi.

Pada kesempatan itu, Diki Raja juga menyampaikan ucapan terima kasih atas atensi masyarakat Kabupaten Sikka atas pernyataannya yang menuai pro dan kontra.

“Ini ruang yang bagus dalam demokrasi kita di Nian Tana ini. Apresiasi saya tak terhingga juga atas kerja-kerja semua pihak dalam upaya penanganan pandemi COVID-19. Kepada para nakes, dokter, para relawan dan semua  pihak yang terlibat yang selama ini telah bekerja dengan sungguh untuk kepentingan rakyat. Hal yang kurang kita perbaiki, hal yang bagus kita tingkatkan. Semuanya demi kepentingan rakyat yang kita cintai,” ujar Diki Raja.

Diki Raja juga mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Sikka untuk bersatu melawan COVID-19 dengan kerja-kerja gotong royong semua pihak.

“Semoga  Pandemi ini cepat berlalu..Salam Sehat. #SaveNakes,” tulis Diki Raja.

Kontributor : Albert Aquinaldo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *