Mahasiswa KKN MM Unipa Indonesia Tanam Bakau di Pantai Ne’otonda, Ende

waktu baca 2 menit

ENDE– Mahasiswa KKN MM Universitas Nusa Nipa Maumere melakukan kegiatan penanaman anakan pohon bakau di pinggir pantai Desa Ne’otonda, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Ende, Rabu (9/6) pagi.

Program KKN MM mahasiswa Unipa Prodi Perikanan ini beririsan dengan tema besar dari Unipa yaitu Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir Pantai di Masa Pandemi COVID-19.

Penanaman pohon ini tidak hanya di lakukan oleh mahasiswa Unipa Indonesia, tetapi melibatkan para pemuda desa yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Ne’otonda.

Kepala Desa Ne’otonda, Fransiskus Kaki mengatakan dirinya bersyukur dengan adanya program penanaman pohon bakau yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unipa Indonesia.

“Saya bersyukur karena adanya program penanaman pohon bakau yang dilakukan mahasiswa Unipa Indonesia ini, sangat berguna bagi desa kami untuk ke depannya. Apa lagi Desa Ne’otonda ini adalah desa persiapan pariwisata,” ungkap Kepala desa Ne’otonda, Fransiskus Kaki.

Adrianus Andi, salah satu mahasiswa KKN-MM menyebutkan penanaman 1.000 pohon bakau di Desa Ne’otonda ini dilakukan sebagai upaya bersama mencegah abrasi pantai.

“Pohon bakau ini memiliki manfaat yaitu untuk menjaga ekosistem perairan antara laut dan darat sehingga tidak terjadinya abrasi,” ungkap Adrianus Andi.

Penanaman pohon bakau ini juga dapat membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam. Selain itu, pohon bakau dapat berpotensi menjadi ekowisata.

Liputan warga oleh: Atho Parera/Mahasiswa KKN MM Unipa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *