Peduli ODGJ di Sikka, Kopdit Pintu Air Bantu Pengurusan KK dan KTP

waktu baca 4 menit

MAUMERE – Sebagai bentuk kepedulian, KSP Kopdit Pintu Air berinisiatif membantu Orang Dengan Gangguan Jiwa(ODGJ) untuk mendapatkan hak kewarganegaraan seperti KTP dan Kartu Keluarga(KK) dengan mengunjungi dan mendata langsung para  ODGJ yang belum memiliki KTP dan KK  yang ada disekitar Kecamatan Nita dan Kecamatan Koting, pada Sabtu (5/6).

Dalam kunjungan itu diikuti oleh Ketua Humas KSP Kopdit Pintu Air, Vinsen Deo bersama Staf, Viona dan juga Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dwi  Engeline Esther Santoso.

Selain ODGJ, KSP Kopdit Pintu Air juga melakukan kunjungan sekaligus pendataan terhadap para Lansia, disabilitas, dan fakir miskin yang belum miliki identitas. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan hak-hak sipil dan perlindungan hukum bagi mereka.

Ketua Humas KSP Kopdit Pintu Air, Vinsen Deo mengatakan, KSP Kopdit Pintu Air akan membantu memfasilitasi mereka yang belum mengurus identitas kependudukannya.

“Sejak 29 Mei 2021 dan 05 Juni 2021 kita telah mendata sebanyak 20 orang. Rinciannya 13 ODGJ, 2 RM, dan 5 FM. Dari 20 orang yang kita data, 4 orang yang tidak miliki identitas, ” ujarnya.

Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano mengatakan, KSP Kopdit Pintu Air menginisiasi pembuatan KTP dan KK adalah murni panggilan hati nurani dan ini juga amanat dari undang-undang bahwa semua penduduk wajib memilikinya.

“Lembaga kita punya kepedulian terhadap kaum Disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Kemudian mereka ini kita data lalu kita kordinasikan dengan Dinas Sosial untuk bantu fasilitasi pembuatan KTP dan KK ke Disdukcapil, ” ujarnya.

Dengan memiliki KTP, lanjut Jano, diharapkan mereka ini bisa mendapatkan akses yang lebih mudah untuk mendapatkan bantuan-bantuan dari pemerintah.

“Mereka ini juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan KTP. Kasihan kalau mereka sakit dan membutuhkan perawatan tapi tidak punya KTP. Dengan memiliki identitas ini mereka bisa dikiutsertakan dalam program pemerintah, ” kata Jano.

KSP Kopdit Pintu Air, jelas Jano, akan terus memfasilitasi masyarakat di 21 kecamatan di Kabupaten Sikka yang belum memiliki dokumen kependudukannya.

“Kita menghimbau kepada warga masyarakat yang belum memiliki identitas untuk bisa ikut dalam program kami ini. Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk menyumbang 1000 rupiah melalui rekening Pintar Amal Kasih yang sudah kita awali mulai dari kantor pusat, ” ungkapnya.

Jano menambahkan bahwa, KSP Kopdit Pintu Air mempunyai pelayanan lima ayat kunci yang melandasi koperasi agar pelayanan kita itu bermartabat.

Pertama, garam dan terang dunia. “Kita ini menjadi pewarta kabar gembira lalu kita memberikan contoh teladan dan hidup apa yang kita omong harus sama dengan apa yang kita buat, ” ungkapnya.

Kedua, jangan melawan orang yang berbuat jahat kepadamu melainkan siapapun juga yang menampar pipi kananmu berikanlah kepadanya pipi kirimu.

Ketiga, carilah dahulu kerajaan Alah dan kebenarannya maka semuanya akan ditambahkan.

Keempat, sesungguhnya segala sesuatu yang engkau lakukan terhadap sahabatku yang paling hina ini, itu kau lakukan untuk aku. “Ini tugas kita untuk memberi sesuatu kepada Tuhan melalui orang-orang yang tak berdaya terpinggirkan, terabaikan dan tertindas, ” ucapnya.

Kelima adalah pengabulan doa. “Itu bagian dari kita punya upah, minta, cari dan ketuk siapapun mencari akan mendapat dan ketuk pintunya akan dibukakan. Dan itu pintu air bisa hidup sampai dengan saat ini dalam situasi pandemi banyak perusahaan-perusahaan besar tersungkur tapi kita masih tetap jalan tegak sampai dengan hari ini. Pegawai kita tidak kurangi, waktu jam kerja tidak kurangi, “ungkapnya.

“Program ini saya sudah gadang-gadangkan sebelun Rapat Anggota Tahunan (RAT dan juga sesudah RAT. Kita mewujudkan satu rekening yakni Pintar Amal Kasih (PAK). Saya akan buat satu divisi khusus untuk menangani difabel dan ODGJ. Divisi ini akan ditangani langsung oleh Ketua Humas Pintu Air, Pak Vinsen Deo, ” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial Kabupaten Sikka, Dwi Engelina Ester Santoso menyampaikan terimakasih kepada KSP. Kopdit Pintu Air yang sudah membantu memfasilitasi para ODGJ yang belum memiliki identitas. 

“Pemerintah Kabupaten Sikka melalui Dinas Sosial mengucapkan terimakasih kepada KSP Kopdit Pintu Air yang sudah bersama-sama membantu pemerintah,”ucap Dwi Engelina Ester.

Sebelumnya KSP. Kopdit Pintu Air dan Dinas Sosial juga sudah melakukan perekaman KTP bagi ODGJ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *