Lion Air Group Buka Penerbangan Domestik Kupang-Lewoleba, Ini Kompetitornya

waktu baca 2 menit

LEWOLEBA – Wings Air, anak perusahaan Lion Air Group kembali membuka rute baru penerbangan domestik Kupang-Lewoleba.

Penerbangan perdana (inaugural flight) terjadi pada 18 Juni 2021 dan dipastikan mulai dilayani setiap hari dengan frekuensi terbang satu kali sehari.

“Tanggal 18 Juni 2021 Wings Air terbang perdana, seterusnya akan setiap hari dalam seminggu”, ujar Kepala Bandara Udara Wunopito, Lembata, NTT, Muhammad Syaiful Zuhri kepada wartawan, Sabtu (5/6).

Menurut Syaiful, Wings Air menjadi salah satu maskapai yang melayani penerbangan Kupang-Lewoleba, selain Trans Nusa.

Wings akan menggunakan pesawat turboprop tipe ATR 72-500 atau ATR 72-600  berkapasitas 50-70 kursi kelas ekonomi.

Pesawat ini digunakan untuk menerbangi rute jarak pendek dan terbang dengan lebih rendah dibandingkan jenis Boeing maupun Airbus.

“Penerbangan Wings Air sudah tiga kali ke Lembata, Citilink satu kali dan beberapa kali pesawat Pelita dengan jenis yang sama juga sudah ke Lembata”, tuturnya.

“Kupang Lewoleba, 10.40-11.40, Lewoleba Kupang 12.00-13.00”, tambah Syaiful.

Penambahan layanan penerbangan Kupang-Lewoleba baginya juga bakal meningkatkan interkonektivitas terbaik antar wilayah tujuan.

Terhadap penerapan protokol kesehatan di areal bandara, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan.

“Sterilisasi bandara sudah semua. Media protap juga standby. Kita juga atur physical distancing antar penumpang saat tiba dan berangkat”, paparnya.

Dia mengakui bahwa bandara merupakan satu dari sekian banyak tempat yang rawan Corona. Akan tetapi, tambahnya, dia optimis tidak akan ada penyebaran COVID-19 klaster bandara.

Terkait adanya aktivitas erupsi gunung Ile Lewotolok, pihak bandara memastikan tidak berpengaruh terhadap lalu lintas udara, apalagi pada saat landing atau take off di Runway.

“Kita pasang paper test di beberapa titik, hasilnya material vulkanik/abu tidak sampai ke wilayah bandara. Ini aman sekali”, ungkapnya.

“Selain Wings Air, Trans Nusa juga dipastikan terbang, ini menarik karena nanti ada kompetitor”, jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *