Kemendes PDT Lakukan Monev Program Desa Cerdas Fase II di Desa Geliting, Sikka

waktu baca 2 menit

MAUMERE- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( Kemendes PDTT) melakukan kunjungan resmi ke Desa Geliting, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka, dalam rangka monitoring dan evaluasi Desa Cerdas II Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa, Jumat (19/9/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau implementasi program Desa Cerdas yang telah berjalan dan memastikan pencapaian target yang di tetapkan pemerintah Pusat.

Rombongan Kemendes PDTT di sambut hangat oleh Kepala Desa Geliting, Makarius Oskar beserta perangkat Desa. Turut hadir pula Pendamping Desa, Duta Digital, Kader Digital, Content Creator Goeliting, dan Ruang Komunitas Digital Desa Geliting.

Dalam kunjungan ini, tim melakukan evaluasi terhadap program-program digitalisasi yang telah di terapkan.

Kepala Desa Geliting Makarius Oskar menyampaikan bahwa program Desa Cerdas telah membawa dampak positif bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Program ini membantu masyarakat untuk mengakses informasi yang ada di desa dan akan membantu dalam proses pelayanan yang ada di desa” ujarnya.

Salah satu fokus dalam evaluasi ini adalah keberlanjutan dari inovasi ang diterapkan. Tim Kemendes PDTT juga berdialog langsung dengan Duta dan Kader Digital untuk mendapatkan masukan dan evaluasi terkait program ini.

Pada kesempatan itu, mereka menyoroti pentingnya penguatan kapasitas SDM di tingkat desa agar dapat memanfaatkan teknologi secara optimal.

Program Desa cerdas fase II yang di implementasikan di Desa geliting merupakan bagian dari upaya nasional untuk mempercepat pembangunan di tingkat desa melalui adopsi teknologi dan digitalisasi.

Diharapkan hasil evaluasi ini menjadi dasar untuk penyempurnaan program dan replikasi yang ada di desa lain yang menghadapi tantangan serupa.

Liputan Jurnalis Warga oleh: oleh Santy Fernandez.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *