Penjabat Bupati Sikka Serahkan Izin Pendirian SMP Negeri 48 Tanawawo

waktu baca 3 menit

FLORESPEDIA.ID-Penjabat Bupati Sikka Adrianus Firminus Parera, Sabtu (18/05/2024) sore, menyerahkan Surat Keputusan Izin Pendirian SMP Negeri 48 Sa Ate Gai Kiu, Desa Bu Utara, Kecamatan Tana Wawo. Kegiatan berlangsung di Halaman Kapela St Yohanis Gai Kiu.

Firminus Parera dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para penggagas antara lain Camat Tana Wawo, Panitia dan Tokoh Tokoh yang ada, atas upaya dan perjuangan untuk bisa menghadirkan SMP Negeri di Gai Kiu Kecamatan Tana Wawo.

Beliau juga secara khusus juga mengapresiasi kepada pemilik lahan, untuk SMPN Sa Ate Gai Kiu dan Sekolah Kaki SDN Gai Kiu di Pemo. Ini adalah bentuk cinta dan perhatian kepada anak anak ke depan.

“Tentunya ini akan menjadi kebanggan masyarakat Gai Kiu dan sekitarnya bahwa telah hadir SMP negeri yang memberikan pelayanan Pendidikan lebih dekat. Keberlanjutan Sekolah ini akan terus kami perhatikan,” ungkap Firminus Parera.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Sikka, Antonius Bata, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kehadiran SMP Negeri 48 Sa Ate Gai Kiu merupakan sebuah sejarah. Dengan kondisi topografi yang ada, kehadiran lembaga pendidikan ini tentunya pantas hadir di Gai Kiu.

“lima tahun kedepan, Tana Wawo tentunya sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah karena tidak ada keterwakilan di DPRD. Kehadiran SMP Negeri ini diharapkan dapat membangun fundasi sumber daya manusia yang lebih baik,” harap Anton Bata.

Camat Tana Wawo, John Oriwis NS, menyampaikan bahwa dengan kehadiran SMP Negeri 48 Sa Ate Gai Kiu, total SMP yang ada di Kecamatan Tana Wawo menjadi 4 SMP. Yang sudah ada SMP Negeri II Paga di Nuaria Desa Detu Binga, SMP St. Maria Gunung Karmel di Wolo Feo dan SMP Satap Poma.

Keempat SMP ini akan menjadi sekolah pendukung SMK Negeri Sa Ate Tana Wawo yang sedang dalam proses melengkapi syarat administrasi pendiriannya oleh Panitia.

“ Sesungguhnya kehadiran SMP Negeri Gai Kiu dan Sekolah Kaki SDN Gai Kiu di Pemo, ini merupakan jawaban atas kerinduan masyarakat selama ini. Perjuangan berdirinya sekolah ini terdorong oleh jarak tempuh, geografis alam dan cuaca ekstrim yang turut serta menjadi factor tingginya angka putus sekolah,” kata John Oriwis.

Lebih lanjut, John Oriwis mengungkapkan bahwa Infrastruktur jalan boleh saja jelek, berlubang dan kapan saja bisa longsor, tapi tidak dengan sumber saya manusia anak anak kita ke depan.

Hadir dalam kunjungan kerja ini, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sikka bersama Kepala Bidang SMP dan Kepala Bidang Ketenagaan, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Sikka, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan pada Sektretariat Daerah Kabupaten Sikka, Kapolsek Paga bersama Babinkantibmas, Danramil Paga bersama Babinsa, Koordinator Pengawas SMP, Pastor Paroki St Maria dari Gunung Karmel Wolo Feo. Pastor Paroki Maria Kusuma Karmel Bu Nuaria, Pimpinan Lintas Sektor se Kecamatan Tana Wawo dan undangan lainnya.

Liputan Warga oleh:Camat Tanawawo, Jhon Oriwis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *