Pelajar SMAS Katolik St.John Paul II Tanam 100 Pohon Ketapang Kencana di Jalan Lingkar Luar Maumere

waktu baca 3 menit
Keterangan foto:Aksi penanaman pohon ketapang kencana oleh pelajar SMAS Katolik John Paul II Maumere di Jalan Lingkar Luar Maumere, Selasa (10/7/2023) pagi. Foto: Mario WP Sina.

MAUMERE-Puluhan pelajar dan guru SMAS Katolik St.John Paul II Maumere pada Selasa (10/7/2023) pagi, melakukan aksi penghijauan dengan melakukan penananam anakan pohon ketapang kencana di taman Jalan Lingkar Luar Kota Maumere tepatnya di Desa Lepolima, Kota Maumere, Kabupaten Sikka.
Pantuan media ini, tampak para pelajar menanam anakan pohon ketapang kencana di taman yang berada poros Jalan Lingkar Luar Maumere. Mereka menanam setiap anakan pohon dengan jarak 4 meter. Usai ditanam, para pelajar bersama pegawai Kantor DLH Sikka melakukan penyiraman pada setiap anakan pohon yang ditanam tersebut.
Tampak para guru dan pegawai Kantor DLH Sikka terlibat mengawasi jalannya kegiatan penanaman anakan pohon ketapang kencana di area taman yang kosong tersebut.
Ketua Panitia HUT ke-34 SMAS Katolik St.John Paul II Maumere, Paskalis Baylon kepada media mengatakan, hari ini pihaknya menyelenggarakan penanaman pohon sebagai salah satu kegiatan menyongsong perayaan ulang tahun SMAS Katolik St.John Paul II yang ke-34.
“Menyongsong ulang tahun sekolah ke-34, kita membuat beberapa kegiatan, salah satunya adalah kepedulian pelajar dengan menanam pohon ketapang kencana di sekitara Jalan Lingkar Luar Maumere,” ujarnya.
Kata Paskalis Baylon, sebanyak 100 pohon ketapang kencana dipersiapkan untuk ditanam di area taman Jalan Lingkar Luar Maumere yang dilihat pihaknya cukup gersang sehingga perlu ditanami pohon.
“Pohon yang kami tanam ini dari pembibitan yang dipersiapkan oleh organisasi John Paul Green di sekolah. Kami bekerja sama dengan kelompok ini ketika ada kegiatan penanaman. Kelompok John Paul Green ini mendonorkan sebanyak 100 pohon ketapang kencana,” jelas Paskalis Baylon.
Ke depan, kata Paskalis Baylon, pohon ketapang kencana yang telah ditanam ini, nantinya akan dikontrol untuk meihat perkembangannya dan supaya jangan mati seperti tanaman-tanaman yang lain sebelumnya.
“Kita akan mengontrol dan menyiramnya. Dari Dinas Lingkungan Hidup Sikka juga menyampaikan akan mobil tangki yang datang menyiram tanaman ini,” ujarnya.
Sementara itu, Pembina John Paul Green, Dion Lamanepa menuturkan, Komunitas John Paul Green adalah salah satu komunitas yang berada di 34 SMAS Katolik St.John Paul II Maumere yang mana kegiatannya utamanya adalah pembibitan pohon dan pengolahan sampah plastik.
Lanjutnya, hari ini pihaknya meyumbangkan sebanyak 100 pohon ketapang kencana untuk ditanam di Jalan Lingkar Luar Maumere.
“Kami tanam pohon bukan bunga karena tujuan kami menyambung apa yang sudah digelorakan Keuskupan Maumere dalam Sinode kedua soal Laudato Si atau soal jeritan bumi. Sehingga kami mengambil langkah ini untuk melakukan penananamn pohon. Komunitas kami melakukan pembibitan pohon dan tujuannya bukan dijual tetapi dibagikan kepada masyarakat secara gratis tetapi pada saat hari ulang tahun, siapa saja yang berulang tahun, kami bagikan gratis anakan pohon atau kami sebut ini sebagai adopsi pohon. Kami juga menukarkan pohon dengan botol plastik bekas minuman,” ujarnya.